Emm... Mau diisi apa yach?

Sabtu, 06 Desember 2008

Internet Marketing

Pemasaran Internet atau e-pemasaran (Bahasa Inggris: Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.

Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (search engine), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll.

Strategi pemasaran

Banyak sekali strategi pemasaran Internet digunakan para pemasar Internet untuk menjual produk atau jasa yang mereka miliki.

Strategi yang paling umum digunakan adalah dengan model CTPM yang dipopulerkan oleh Ken Evoy. CTPM adalah sekuel Content, Traffic, Pre-sell dan Monetize. Intinya, pemasaran yang berhasil adalah pemasaran yang memberikan kebutuhan dasar pengguna Internet : informasi. Langkah pertama pemasar Internet tentu saja adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan seputar jasa atau produk yang akan dipasarkan. Langkah berikutnya adalah bagaimana mendatangkan pengunjung, membentuk kesan atas produk atau jasa tersebut baru langkah terakhir mendapatkan penjualan dari jasa atau produk yang dipasarkan.


Begitulah yang tertulis di http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_marketing
Dan saya juga ingin menambahkan Internet Marketing ini mempunyai tujuan memperbesar peluang usaha yang kita lakukan pasti untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. :P dengan cara yang lebih efektif dan lebih baik.
Dengan melakukan internet marketing secara tidak langsung kita bisa memperbesar 3 peluang.
Yang pertama adalah memperbesar peluang dari pasar Lokal
Yang ke dua adalah memperbesar peluang dari pasar Nasional
Dan yang ke tiga adalah membuka peluang dalam pasar internasional
Namun walaupun kita mempunyai 3 peluang yang baik untuk meningkatkan penjualan. di dalam dunia internet marketing ini sangat sedikit orang yang mempunyai ilmu yang cukup untuk bisa membuka ke tiga peluang yang ada.
Saat ini saya secara pribadi sedang mencari ilmunya bagaimana caranya memanfaatkan dunia maya yang masih jarang banget orang datangi ini.
Namun saat ini juga saya berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik untuk Anda semua.

1 komentar:

  1. Mampir jala-jalan sore.
    "Sembilan dari sepuluh rejeki ada di perdagangan "
    Salam kenal..!:)

    BalasHapus